Workshop D3 Akuntansi Bahas Insentif Pajak Covid 19

D3 Akuntansi – Sebanyak 250 peserta yang merupakan dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Pamulang dan perguruan tinggi lain mengikuti workshop yang diselenggarakan Program Studi D3 Akuntansi, Senin 19 Mei 2019. Workshop dengan narasumber Ferry Irawan, MM, ME, MPP, BKP, CPA ini membahas insentif pajak yang ditetapkan sebagai akibat adanya pandemi Covid 19.

Panitia kegiata, Wardokhi, M.M menjelaskan, workshop ini penting selain sebagai pembelajaran bagi mahasiswa, tetapi juga bagi para dosen agar dapat memberikan argumentasi kepada masyarakat terkait bagaimana mekanisme memanfaatkan insentif pajak di tengah pandemi seperti ini. Atas dasar itu, pihaknya meyakini bahwa workshop kali ini dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi para peserta.

“Bagi mahasiswa atau dosen akuntansi, mempelajari pajak merupakan suatu keharusan. Workshop kali menjadi salah satu fasilitasnya,”ucapnya.

Sementara, narasumber Ferry Irawan mengatakan, insentif pajak merupakan pengurangan, pengecualian, atau pembebasan dari kewajiban pajak yang ditawarkan sebagai bujukan untuk terlibat dalam aktivitas tertentu. Dalam konteks dampak pandemi Covid 19 ini, insentif pajak sangat penting untuk menjaga perekonomian masyarakat.

“Terdapat 3 aturan yang dibuat mengenai insentif pajak semasa pandemi. Yakni, PMK 23, PMK 28, dan PMK 44 tahun 2020. Namun, PMK 23 itu diganti dengan PMK 44 yang fokus pada insentif pajak bagi wajib pajak. Sedangkan PMK 28 itu fokus pada barang dan jasa,”tuturnya.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *