Unpam Miliki Layanan Tes TOEP dan TPDA

Penandatanganan MoU dengan PLTI

D3 Akuntansi – Berita gembira bagi para dosen di wilayah Tanggerang Selatan dan sekitarnya. Bagi yang hendak melakukan ujian Test of English for Profiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) untuk urusan sertifikasi maupun lainnya, kini dapat dilaksanakan di Universitas Pamulang (Unpam). Pasalnya, saat ini Unpam telah menjadi lembaga resmi yang menyediakan layanan tes TOEP dan TPDA. Hal ini menyusul telah dilaksanakannya MoU antara Unpam dan PT Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), Senin (9/4/2018).
Dalam MoU tersebut, dijelaskan bahwa mulai saat ini, Unpam merupakan kepanjangan tangan PT PLTI yang berhak menyelenggarakan tes TOEP dan TPDA untuk berbagai keperluan. Baik itu untuk sertifikasi dosen, seleksi masuk perguruan tinggi, seleksi mendapatkan beasiswa luar negeri, maupun keperluan-keperluan lainnya. Oleh karena itu, semua orang dapat mempergunakan layanan tes ini dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri di laman member.plti.co.id.
Perangkat komputer yang tersedia untuk melaksanakan tes ini sejumlah 55 unit. Ini artinya, setiap sesi tes dapat diikuti oleh 50 peserta. Adapun dalam setiap harinya, Unpam dapat melaksanakan 2 sesi hingga 3 sesi tes, baik itu untuk tes TOEP maupun TPDA. Maka dari itu, Unpam sangat mungkin dapat memfasilitasi seluruh dosen di wilayah Tanggerang Selatan dan sekitarnya yang hendak tes TOEP dan TPDA untuk keperluan sertifikasi dosen.
Direktur Utama PT PLTI, Yosa Anduh Alzuhdy, S.S., M.Hum di sela-sela peninjauan sarana layanan tes Unpam mengatakan, pusat layanan tes TOEP dan TPDA di wilayah Tangerang dan sekitarnya memang masih sangat minim. Oleh karena itu, dosen-dosen yang ada di wilayah tersebut menjadi kesulitan ketika hendak mengurus sertifikasi. Tidak sedikit diantara mereka yang harus pergi ke pusat layanan tes di luar daerah.
“Saya sangat bahagia karena Unpam mau menjadi mitra kita dalam melaksanakan layanan tes ini. Sehingga sekarang, dosen-dosen di wilayah Tanggerang dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh, ke Unpam saja,”ucapnya.
Menurut Yosa, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Unpam yang menunjang pelaksanaan layanan tes ini sangatlah memadai. Komputer-komputer yang dimiliki sudah melebihi standar spesifikasi yang ditetapkan. Hal ini akan mempermudah peserta dalam melaksanakan tes, baik itu TOEP maupun TPDA.
“Kalau dengan kondisi sarana memadai seperti ini, satu sesi tes bisa diikuti hingga 50 peserta,”ucapnya.
Yosa melanjutkan, layanan tes ini tidak hanya diperuntukan bagi keperluan sertifikasi dosen saja. Melainkan juga untuk keperluan lainnya seperti seleksi pegawai negeri sipil, seleksi karyawan perusahaan, atau juga dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai syarat mendapatkan beasiswa di dalam ataupun di luar negeri.
“Kami berharap layanan tes ini tidak hanya digunakan oleh dosen yang hendak sertifikasi saja. Tapi juga oleh banyak pihak lainnya, agar manfaat hadirnya layanan tes di Unpam ini benar-benar dapat dimaksimalkan,”tegasnya.
Sementara, menurut Ketua Program Studi D3 Akuntansi Unpam selaku penyelenggara layanan tes PLTI Unpam, Iin Rosini, SE, M.Si, inisiatif diadakannya layanan tes ini bertujuan untuk memudahkan dosen-dosen Unpam yang hendak sertifikasi agar dapat mengakses layanan tes TOEP dan TKDA.
“Kita juga Insya Allah akan sering membuat sesi uji coba, agar dosen-dosen bisa setidaknya berlatih terlebih dahulu dalam menghadapi soal-soal TOEP dan TKDA. Sehingga pada saatnya nanti, nilai tes TOEP dan TKDA nya bisa memenuhi syarat untuk sertifikasi dosen,”ujarnya.
Tata cara pendaftaran tes sambung Iin, sangat sederhana. Setiap peserta hanya tinggal melakukan pendaftaran atau pembuatan akun di laman member.plti.co.id. Setelah dapat login, pilih lokasi tes PLTI Unpam, lalu pilih sesi tes yang telah ditawarkan.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *