Penelitian Dosen D3 Akuntansi Didiseminasikan

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) menghelat pertemuan ilmiah dosen secara online, Sabtu 8 Mei 2020. Pertemuan yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian para dosen ini berlangsung dengan interaktif. Pasalnya, para peserta diperkenankan memberikan pertanyaan, masukan, saran, maupun kritik atas hasil penelitian dari dosen yang memberikan pemaparan.

Terdapat 3 dosen yang berperan sebagai penyaji dalam pertemuan ilmiah ini yakni, Lukman Anthoni, M.M., Faizah Adisty, M.Pd, dan Yusuf, M.Pd, M.Ak. Masing-masing dosen memaparkan judul penelitian yang berkaitan dengan bidang ilmu akuntansi, manajemen, dan pendidikan akuntansi.

Menurut penelitian Lukman, budaya kerja islam dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Hal ini terbukti secara empiris berdasarkan uji statistik. Implikasinya, budaya kerja islam sangat penting untuk diimplementasikan dalam beragam organisasi.

“Jadi budaya kerja islam itu bisa diimpelentasikan di beragam organisasi,”ucap Lukman dalam pemaparannya.

Adapun hasil penelitian Adisty, menjustifikasi bahwa prestasi belajar mata kuliah akuntansi tidak dipengaruhi oleh prestasi belajar mata kuliah matematika ekonomi. Hasil penelitian ini tergolong cukup melegakan, karena mata kuliah matematika ekonomi kerap kali menjadi momok bagi mahasiswa. Sehingga, jika mahasiswa kurang memiliki kemampuan yang istimewa secara numerik (matematis) sekalipun, tetap akan bisa mempelajari materi kompetensi akuntansi.

Sementara dalam hasil penelitian Yusuf, dijelaskan bahwa kondisi makroekonomi tidak signifikan mempengaruhi nilai perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa nilai perusahaan sangat erat ditentukan oleh faktor-faktor interinsik perusahaan itu sendiri, diantarannya seperti kinerja keuangan, reputasi, inovasi, dan lainnya.

Menurut Dani Rahman Hakim, M.Pd sebagai panitia, pertemuan ilmiah ini sangat penting untuk mendiseminasikan hasil penelitian dosen sebelum dipublikasikan ke dalam jurnal.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *