Pendirian S2 Akuntansi Diseriusi

D3 Akuntansi – Universitas Pamulang (Unpam) berniat mendirikan Program Studi baru yaitu S2 Akuntansi. Pendirian Program Magister ini diinisiasi oleh Dr. Iin Rosini, S.E., M.Si, CSRS, CADE, CFA, CFRM, Dr. Sugianto, S.E., M.M., Dr. Holiawati, S.E., M.Si, beserta para dosen Unpam bergelar Doktor Jurusan Ekonomi Konsentrasi Akuntansi lain yang lulus dari Universitas Trisakti. Sebagai bentuk keseriusan, para inisiator ini mengundang Ketua Departemen Akuntansi Universitas Indonesia, Dr. Ancella A Hermawan, MBA, CA untuk berdiskusi terkait penyusunan kurikulumnya belum lama ini.

Diskusi yang terselenggara di Kampus Unpam Viktor tersebut dihadiri juga oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr (HC) H Darsono, Rektor Unpam, Dr. Dayat Hidayat, M.M., beserta jajarannya. Selain diskusi bersama para inisiator dan panitia pembentukan Prodi S2 Akuntansi, diskusi penyusunan kurikulum ini juga turut diikuti oleh Wakil Rektor 1 Unpam, Dr. E. Nurzaman AM, M.Si, Direktur Program Pascasarjana, Dr. Sarwani, MT, M.M., dan Dekan Fakultas Ekonomi, H Endang Ruhiyat, S.E., M.M.

Diskusi dimulai dengan pembahasan rancangan kurikulum S2 Akuntansi yang telah disusun sebelumnya. Setiap mata kuliah dalam kurikulum dikupas satu-persatu. Direncanakan, akan ada 3 konsentrasi dalam S2 Akuntansi nanti. Antara lain, konsentrasi Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, dan Akuntansi Sektor Publik.

“Saya lihat sebetulnya susunan mata kuliah yang dirancang ini sudah cukup baik. Tapi kita harus menyusun mata kuliah berdasarkan kompetensi akuntansi internasional. Hal ini karena nantinya lulusan perlu berdaya saing global yang benar-benar expert dan ber-atitude yang baik,”ujar Dr. Ancella.

Dari diskusi yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut, berhasil tersusun rancangan kurikulum baru yang dinilai paling relevan. Selain menyusun kurikulum, hingga saat ini persiapan pendirian S2 Akuntansi juga telah mencapai proses penyusunan borang dan penyiapan berbagai persyaratan lainnya.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *