Mahasiswa Unpam Dibekali Konsep Asuransi Syariah

D3 Akuntansi – Apa itu asuransi syariah?. Apakah sama saja seperti sistem asuransi konvensional?. Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang ada di benak mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) saat pertama kali mendengar paparan dari Direktur Asuransi Jiwa Syariah (AJS) Amanah Gita, H Salim Al-Bakry dalam seminar nasional lembaga keuangan beberapa waktu lalu.

Sebagai upaya menjawab pertanyaan ini, H Salim mengatakan, bahwa konsep dasar asuransi syariah berasal dari kata amanah yang berarti memberi perlindungan, ketenangan, rasa aman, dan bebas dari rasa takut. Di samping itu, asuransi syariah juga diasarkan kepada konsep muamalah yang islami.

“Konsep muamalah dalam ajaran Islam itu salah satunya didasari oleh Quran Surah Al-Maidah yakni, Hai orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu. Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah. Sesungguhnya siksa Allah sangatlah berat,”paparnya.

Dari ayat ini, tergambar jelas bahwa akad yang harus dilakukan dalam konsep asuransi syariah adalah dalam rangka tolong-menolong dalam kebajikan.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *