Mahasiswa Unpam Antusias Dengar Paparan Pakar Ekonomi Syariah

Cecep Maskanul Hakim

D3 Akuntansi – Salah seorang pakar ekonomi syariah Indonesia, Cecep Maskanul Hakim memberikan paparan mengenai sistem ekonomi syariah kepada mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) dalam acara seminar lembaga keuangan yang dihelat Prodi D3 Akuntansi dan S1 Manajemen belum lama ini. Pemaparan yang serius namun santai dan diselangi oleh guyonan dari Cecep, mendapat perhatian yang tinggi dari mahasiswa.

Dalam paparannya, Cecep mengatakan bahwa perkembangan ekonomi syariah yang cenderung pesat malah terjadi di negara-negara Eropa yang notabene bukan di negara-negara yang dihuni oleh mayoritas penduduk muslim. Padahal, ekonomi syariah itu murni merupakan sistem perekonomian yang mengadopsi sistem dan norma Islami.

“Ini artinya apa, sistem ekonomi syariah oleh masyarakat internasional sudah diakui sebagai sitem perekonomian yang baik dan strategis dalam meningkatkan kesejahteraan,”katanya.

Menurut Cecep, pada intinya sistem ekonomi syariah itu mengedepankan asas kesetaraan, saling bantu, menentramkan, dan terbebas dari riba. Akad atau transaksi yang terjadi dalam ekonomi syariah itu dilandaskan kepada prinsip keterbukaan, saling melindungi, dan saling menguntungkan.

“Mahasiswa dapat mengakses sistem ekonomi syariah misalnya dengan terlebih dahulu mau mendalami sistem perbankan syariah,”ucapnya.

Sementara, salah seorang mahasiswa yang mengikuti seminar, Resita mengatakan, dirinya sangat tertarik untuk mendalami sistem ekonomi syariah. Menurutnya, ternyata ekonomi syariah itu ternyata sangat berbeda dengan sistem ekonomi dan perbankan konvensional yang cenderung berbasis pada kapitalisme.

“Dari seminar ini, saya jadi sangat tertarik (ekonomi syariah, red),”imbuhnya.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *