Mahasiswa Harus ‘KOCAK’

img_5723D3 Akuntansi – Robby Habibi, motivator yang dihadirkan oleh Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang berhasil menghipnotis ribuan mahasiswa peserta seminar, Sabtu 28 Oktober 2017. Menurut motivator yang kerap nongol di layar televisi ini, mahasiswa D3 Akuntansi harus KOCAK.

Namun, KOCAK yang dimaksud oleh Robby, bukanlah kocak dalam arti cengar-ceungir sendiri dan doyan melawak. Tetapi, KOCAK disini adalah singkatan dari Kreatif, Optimis, Cerdas, Antusias, dan Komunikatif. Menurut Robby, KOCAK inilah yang merupakan kunci sukses seorang pemuda.

“Kreatif maksudnya itu adalah ada sense untuk menciptakan sesuatu yang baru dan produktif. Mahasiswa harus bisa mencari jalan keluar atas permasalahannya sendiri. Tapi kalau tidak punya permasalahan, harus dicari. Karena orang yang hebat, adalah orang yang berhasil menghadapi berbagai permasalahan,”tuturnya.

Robby menceritakan, pada saat dirinya masih kuliah semester 3, dirinya sudah mencari-cari masalah. Masalah yang dimaksud bukanlah masalah yang tidak produktif, seperti misalnya ngajak orang berantem dan lain sebagainnya. Namun, masalah yang ia maksud adalah masalah yang membuatnya harus keluar dari zona nyaman, yaitu dengan bekerja agar tidak membebani orangtua.

“Harus berani keluar dari zona nyaman, ciptakan masalah yang produktif agar anda dapat berfikir kreatif,”ucapnya.

Selanjutnya kata Robby, mahasiswa itu harus optimis menatap masa depan. Jika hari ini merasakan kesulitan, harus tetap optimis bahwa kesulitan itu akan segera berganti dengan kebahagiaan. Ibaratnya sedang mengejar perempuan yang disukai, maka harus optimis bisa didapatkan. Kalau tidak optimis, perjuangannya tidak akan maksimal.

“Nah selanjutnya adalah cerdas. Mahasiswa yang akan sukses, itu adalah mahasiswa yang cerdas. Baik itu cerdas secara akademik, maupun juga cerdas emosional dan spiritualnya,”jelasnya.

Unsur lain yang sangat penting dimiliki mahasiswa, sambung Robby, adalah antusias. Mahasiswa harus antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan positif. Jangan sampai kebanyakan diam. Tetapi harus antusias terlibat dalam berbagai kegiatan kampus, baik itu belajar pada saat perkuliahan, maupun mengikuti organisasi-organisasi kampus.

“Dalam menjalani setiap aktivitas, kita harus antusias. Misalnya kalau lagi kuliah, mau itu dosennya menyenangkan atau tidak, mahasiswa harus tetap antusias dan bersungguh-sungguh mengikuti perkuliahan,”terangnya.

Robby menambahkan, unsur terakhir yang juga wajib dimiliki seoarang mahasiswa agar dapat sukses di masa yang akan datang adalah komunikatif. Maksudnya, diperlukan adanya kompetensi interpersonal yang baik dalam diri mahasiswa. Cara untuk melatihnya adalah dengan mengikuti organisasi dan banyak-banyak berdiskusi dengan orang.

“Kita juga harus peka terhadap lingkungan sosial dan selalu berbuat kebaikan agar menjadi prubadi yang KOCAK,”imbuhnya.

Berdasarkan pantauan, mahasiswa terlihat sangat senang mengikuti seminar Robby. Hal ini dikarenakan Robby mampu menyampaikan pesan-pesannya dengan bahasa yang gau dan kekinian. Bahkan tak jarang, mahasiswa berhasil dibuat terpingkal-pingkal ketika menerima sedikit gurauan dari Robby.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *