Mahasiswa Diajak Melek Aspek Perpajakan Ekonomi Digital

D3 Akuntansi – Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai aspek perpajakan dalam ekonomi digital, Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang menghelat Seminar Perpajakan, belum lama ini. Seminar yang dihadiri oleh sekitar 500 mahasiswa tersebut, menampilkan Direktur Perpajakan Internasional Direktorat Jendral Pajak (DJP), Prof Jhon Hutagaol sebagai Keynote Speaker.

Menurut Prof John, dewasa ini tengah terjadi pergeseran orientasi perekonomian dunia. Dari konvensional, menjadi digital ekonomi. Hal ini ditandai dengan terlewatinya batas teritorial antar negara melalui internet. Sehingga, semua orang bisa menyasar pangsa pasar di negara lain dengan menggunakan teknologi.

“Ekonomi digital dapat menjadi potensi yang sangat besar untuk negara kita apabila pajaknya dapat diserap dengan maksimal,”ucap Prof John.

Menurutnya, sumber pendapatan negara yang terbesar adalah pajak. Uang pajak tersebut selanjutnya didistribusikan untuk kebutuhan rakyat itu sendiri. Misalnya untuk membiayai pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, pajak yang dibayarkan itu akan kembali kepada rakyat.

“Jadi perlu dibangun kesadaran bahwa pajak itu untuk kita sendiri,”ucapnya.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *