Mahasiswa D3 Akuntansi Wajib Ikuti Uji Kompetensi

D3 Akuntansi – Terhitung mulai tahun depan, seluruh mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) wajib mengikuti uji kompetensi teknisi akuntansi. Ketentuan ini muncul sebagai respon atas disahkannya Tempat Uji Kompetensi Teknisi Akuntansi (TUK-TA) oleh Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP TA), Dr. Murtanto, M.Si, AK, CA beberapa waktu lalu.

Mulai tahun depan, kewajiban mengikuti uji kompetensi ini akan menjadi syarat mahasiswa D3 Akuntansi untuk lulus kuliah. Adapun pelaksanaanya, mahasiswa sendiri yang menentukan. Boleh pada semester 4 atau pada semester 5 dan 6. Mahasiswa, harus lulus uji kompetensi tingkat 2 yaitu teknisi akuntansi yunior agar mendapatkan sertifikat dari BNSP.

“Jadi sertifikat kompetensi teknisi akuntansi tingkat 2 itu sebagai sertifikat pendamping ijazah yang  dapat dipergunakan untuk melamar kerja. Alumni bergelar Amd Akuntansi dan memiliki sertifikat uji kompetensi, cenderung akan mampu bersaing dalam dunia kerja. Itulah mengapa uji kompetensi teknisi akuntansi ini menjadi sangat penting,”tutur Kaprodi D3 Akuntansi, Iin Rosini, SE, M.Si.

Iin yakin, mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan serius pasti lulus uji kompetensi teknisi akuntansi tingkat 2. Sebab, ujiannya hanyalah tentang menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang secara manual, serta mengoperasikan aplikasi komputer berupa spreadsheet dan myob.

“Mahasiswa kan sudah diajari akuntansi dari mulai pengantar 1 hingga akuntansi intermediate. Tidak hanya itu, myob juga kita ajari, ada mata kuliahnya khusus. Jadi Insya Allah mahasiswa, semester 4 hingga 6 bisa lulus uji kompetensi,”ucapnya.

Iin menjelaskan, pihaknya juga membuka peluang bagi kalangan umum untuk mengikuti uji kompetensi teknisi akuntansi ini. Prosedurnya adalah dengan mendaftar ke ruangan khusus pendaftaran TUK TA di Prodi D3 Akuntansi.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *