Kaprodi D3 Akuntansi Unpam Menguji Kompetensi Mahasiswa Unjani

D3 Akuntansi – Ketua Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang, Iin Rosini, SE, M.Si menguji komptensi puluhan mahasiswa Universitas Jendral Ahmad Yani (Unjani) dalam bingkai Uji Kompetensi Teknisi Akuntansi di Bandung belum lama ini. Dalam kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari itu, setiap mahasiswa diuji 5 kompetensi yang merupakan klaster penyusunan laporan keuangan berbasis SAK ETAP.

Menurut Kaprodi, kelima kompetensi yang diujikan adalah prinsip-prinsip profesionalisme akuntan, praktek kesehatan dan keselamatan kerja, memproses entry jurnal, memproses buku besar, dan menyusun laporan keuangan. Adapun bentuk ujiannya, adalah ujian tertulis dan wawancara.

“Untuk lulus tes dan mendapatkan sertifikat teknisi akuntansi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), para peserta ujian harus bisa mengerjakan kelima asesmen kompetensi tersebut. Jika ada 1 saja yang belum memenuhi kriteria, maka tidak lulus tetapi bisa mengulang ujian kompetensi yang belum lulus saja,”tutur calon Doktor dari Universitas Trisakti ini menjelaskan.

Iin meneruskan, dirinya adalah salah seorang asesor kompetensi akuntansi yang ditetapkan oleh BNSP dengan nomor registrasi : MET.000.012139 2016. Dengan demikian, jika BNSP menugaskan, maka dirinya dituntut untuk selalu siap menguji kompetensi mahasiswa atau siapapun yang ingin menjadi teknisi akuntansi yang tersertifikasi.

“Insya Allah, mudah-mudahan kedepanya mahasiswa D3 Akuntansi Unpam juga bisa mengikuti uji kompetensi ini,”ucapnya.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *