Dosen D3 Akuntansi Ikuti Pelatihan Kompetensi Berbasis KKNI

D3 Akuntansi – Puluhan dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang mengikuti pelatihan kompetensi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), belum lama ini. Pemateri dalam kegiatan ini ialah Ketua Program Studi D3 Akuntansi, Iin Rosini, SE, M.Si.

Acara yang dikemas dengan konsep santai dan sederhana tersebut dibuka oleh Rektor Unpam, Dr. Dayat Hidayat, MM. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, bahwa pemerintah pusat saat ini berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul pada masa yang akan datang.

“D3 Akuntansi ini basisnya vokasional, atau pendidikan keterampilan. Jadi, kompetensi-kompetensi lulusannya harus bisa tercapai. Sesuai dengan KKNI, lulusan D3 ini ada pada level 5 yang mana lulusannya harus sudah siap kerja,”paparnya.

Oleh karena itu sambung Rektor, proses pembelajaran D3 Akuntansi ini harus lebih banyak dilakukan dengan praktek, agar jenjang kualifikasi kompetensi mahasiswanya dapat tercapai. Dalam hal ini, peran dosen sangat penting dan sentral, jangan sampai dosennya sendiri tidak menyadari kompetensi apa saja yang harus diberikan kepada mahasiswanya.

“Dosen D3 Akuntansi itu standar pendidikannya sudah ada pada level KKNI ke-8. Sehingga seharusnya sudah tahu betul bagaimana memberikan cara memberikan kompetensi kepada mahasiswa,”katanya.

Sementara itu, Kaprodi dalam paparannya mengatakan, dosen harus menyusun Rencana Pembelajaran dengan target yang jelas. Misalnya untuk mata kuliah pengantar akuntansi 1, target yang harus dicapai mahasiswanya harus jelas, misalnya adalah mahasiswa harus menguasai siklus akuntansi perusahaan jasa.

“Jadi kita mengajarnya harus berorientasi kompetensi. Setiap proses pembelajaran, outputnya harus memberikan kompetensi baru bagi mahasiswa,”ucapnya.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *