Dosen D3 Akuntansi Bahas Teknik Menulis Bebas Plagiat

D3 Akuntansi – Puluhan dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) berambisi untuk menulis buku ajar serta artikel jurnal bereputasi. Dalam penulisannya, plagiarisme kadangkala menjadi kendala yang sulit dihindari. Sebab, meskipun telah menulis dengan gaya bahasa sendiri, banyaknya referensi mengakibatkan karya dosen terjebak lebih dari 20 persen plagiasi. Atas dasar itu, para dosen ini mengikuti workshop khusus bersama Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran (LP3) Unpam terkait dengan teknik menurunkan plagiarisme dalam karya ilmiah, belum lama ini.

Panitia kegiatan, Saksono Budi, M.M. mengatakan, pihaknya ingin mengakselerasi kuantitas buku ajar yang ditulis dosen. Meskipun buku ajar yang dihasilkan sudah cukup banyak, namun pihaknya ingin setiap dosen menulis. Upayanya ini seringkali terganjal plagiarisme, karena LP3 mengharuskan batas minimal plagiarisme hanya 20%.

“Menulis buku ajar bagi para dosen agak sulit di plagiarismenya. Karena kita kan banyak menggunakan referensi, sehingga meskipun ditulis sendiri, tapi ada saja kemiripannya. Jadi, teknik menulis bebas plagiat ini sangat penting sekali,”ucapnya.

Narasumber dalam workshop yang dihelat melalui google meet ini adalah wakil ketua LP3, Aden, M.Pd. Workshop berlangsung hangat dan banyak diskusi yang terjadi. Para dosen D3 Akuntansi nampak sangat antusias.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *