D3 Akuntansi Helat Workshop Menulis Opini Media Massa

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi nampaknya sangat ingin tetap dosen-dosennya produktif di masa pandemi. Terbukti, beragam workshop telah digelar, salah satunya tentang menulis opini di media massa belum lama ini. Workshop yang dihelat secara online ini menghadirkan narasumber Dr. Oksidelfa Yanto, M.H yang dikenal sangat produktif menulis di media massa ini diikuti oleh sedikitnya 30 dosen D3 Akuntansi.

Panitia kegiatan, Danang Choirul Umam, M.Ak mengatakan, tujuan utama digelarnya workshop ini adalah untuk memicu para dosen agar mau menulis opini. Hal ini sangat penting karena sebagai akademisi, pandangan-pandangan teoritis dan kritis dari dosen terkait fenomena sosial cukup ditunggu masyarakat dan para pemangku kebijakan.

“Selain itu, apabila dosen produktif menulis, tentu akan jadi kredit poin dirinya dan program studi itu sendiri,”ucap Danang.

Sementara itu, Oksidelfa sebagai narasumber menuturkan, menulis merupakan salah satu ciri kualitas intelektualitas dosen. Atas dasar itu, dosen harus rajin menulis. Baik itu menulis artikel dalam jurnal penelitian, buku ajar, maupun opini pada media massa.

Menurut Oksi, panggilan akrabnya, menulis opini tidaklah sulit. Dosen hanya tinggal perlu mengasah kepekaan sosialnya saja. Kaitkan bidang ilmu yang dimiliki dengan fenomena sosial. Artinya, kupas suatu fenomena sosial berdasarkan aspek keilmuan.

“Untuk awal, menulis saja dulu di media-media lokal (daerah), nanti setelah terbiasa, bisa masuk ke media nasional,”ucapnya.(*)

Pendaftaran Online D3 Akuntansi : http://akuntansid3.unpam.ac.id/?page_id=1578

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *