Workshop D3 Akuntansi Bahas Upaya Peningkatan Sitasi

works

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) menghelat workshop online dengan tema ‘mengelola google scholar untuk meningkatkan sitasi penelitian’, Senin 15 Juni 2020. Workshop yang diikuti oleh sebanyak 30 peserta ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Silviana Simbolon, M.Sc.

Panitia penyelenggara, Yulyanah, M.Ak menyampaikan, sitasi dalam setiap penelitian yang dipublikasikan dosen sangat penting sebagai salah satu bukti kinerja penelitian. Baik itu kinerja penelitian Program Studi, lembaga, maupun dosen itu sendiri. Misalnya saja dosen yang sudah memiliki h-index 2, sudah diperbolehkan mengajukan penelitian hibah penelitian dasar maupun terapan Ristek Brin.

“Semakin banyak dikutip orang, maka reputasi penelitian kita juga semakin baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita menghasilkan penelitian yang berkualtas untuk mendapatkan banyak sitasi,”ucap Yuli, sapaan akrabnya.

Sementara, menurut Silviana, peringkat author dalam situs pemeringkatan Shinta besar ditentukan oleh kutipan Scopus. Maksudnya adalah, ketika seorang dosen tulisannya dikutip oleh artikel Scopus, maka bobot penilaiannya juga akan sangat besar. Cara yang efektif agar bisa dikutip artikel Scopus tentunya adalah dengan mempublikasikan artikel dalam Scopus juga. Atau, bisa juga dengan mengiklankan penelitian yang telah ditulis ke media sosial, maupun media lain seperti research gate, academia, dan lain-lain.(*)