Seminar dan Call for Paper D3 Akuntansi Ingin Majukan UMKM

WhatsApp Image 2020-11-03 at 09.34.41

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) sukses menggelar Seminar Nasional Online dan Call for Paper 2020, Selasa 3 November 2020. Seminar yang diikuti oleh kurang lebih 600 peserta tersebut mengusung tema akuntansi dalam pemulihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pasca pandemi. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung UMKM agar dapat terus maju dan bertahan menghadapi pandemi Covid 19 ini.

Narasumber yang dihadirkan yakni Prof. Bambang Agus Pramuka dari Universitas Jendral Soedirman (Unsoed), Dr. Ersa Tri Wahyuni dari Universitas Padjadjaran, dan Dr. Iin Rosini dari Unpam. Seminar yang dilengkapi oleh call for paper ini juga menghadirkan Ketua IAI KAPd Pusat, Prof. Dr. Dian Agustia sebagai salah satu pemberi sambutan kegiatan.

Dalam sambutannya, Prof Dian mengapresiasi upaya yang dilakukan Unpam ini. Menurutnya, akuntansi sangat penting untuk mendukung UMKM agar makin berkembang lagi. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh akademisi, peneliti, dan mahasiswa yang bergelut dalam bidang akuntansi untuk ikut berkontribusi memajukan UMKM Indonesia.

Sementara, Rektor Unpam Dr. H Dayat Hidayat menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk terus berkarya dan bersumbangsih bagi kehidupan sosial. Baik itu melalui aktivitas penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Termasuk dalam menghadapi pandemi ini, pihaknya merasa terpanggil untuk membantu kemajuan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi bangsa.

Sekedar informasi, sebanyak 62 artikel berhasil dikumpulkan dari call paper ini. Kebanyakan paper membahas terkait dengan akuntansi serta manajemen untuk UMKM. Setiap pemakalah diberikan waktu menyampaikan artikel yang ditulisnya dalam sesi pararel. Dari total artikel yang terkumpul, 15 diantarannya akan diterbitkan dalam jurnal Nasional terakreditasi.(*)