Ratusan Mahasiswa Digembleng Menulis Karya Ilmiah

IMG-20200613-WA0014

D3 Akuntansi – Ratusan mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) mengikuti web seminar yang membahas tentang teknik menulis karya ilmiah, belum lama ini. Webinar ini tujuan utamanya adalah agar para mahasiswa khususnya semester 4 ke atas dapat menghasilkan minimalnya 1 karya ilmiah berupa artikel hasil penelitian yang akan dipublikasikan di berbagai jurnal.

Ketua panitia webinar, Indah Pertiwi, M.Pd menuturkan, dalam instrumen borang akreditasi Program Studi, kuantitas karya tulis mahasiswa merupakan aspek yang dijadikan penilaian penting. Atas dasar itu, penting bagi mahasiswa untuk memahami lebih detail terkait dengan teknik menulis artikel ilmiah tersebut.

“Sebetulnya kita sudah ada mata kuliahnya tersendiri yaitu metode penulisan ilmiah. Tetapi di masa pandemi seperti ini, diperlukan penguatan-penguatan agar mahasiswa dapat lebih memahami. Atas dasar itu, kita selenggarakan webinar ini,”ucapnya.

Sementara, narasumber webinar, Dani Rahman Hakim, M.Pd mengutarakan, untuk mahasiswa D3 Akuntansi, artikel ilmiah yang disusun tidak perlu yang terlalu rumit. Cukup misalnya dengan penelitian deskriptif. Namun meskipun hanya deskriptif, tetapi mahasiswa diharapkan untuk menerapkan metode yang sesuai.

“Pahami jenis penelitian yang digunakan serta data apa yang akan dikumpulkan. Dari jenis penelitian, data, instrumen, hingga analisisnya, itu saling berkaitan. Misalnya begini, jika penelitiannya kuantitatif dengan rumusan masalah asosiatif, berarti harus ada masalahnya, datanya harus berupa angka, dan analisis datanya harus pakai statistik,”tuturnya.

Menurut Dani, mahasiswa akan sulit menyusun artikel ilmiah jika kurang rajin membaca. Atas dasar itu, diperlukan banyak membaca, baik itu membaca buku metodologi, membaca artikel jurnal, maupun buku-buku referensi lain yang berkaitan dengan topik penelitiannya.(*)