PKM Mahasiswa D3 Akuntansi Berupaya Wujudkan Kemandirian Pangan

WhatsApp Image 2021-04-10 at 18.42.55

D3 Akuntansi – Sejumlah mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Yayasan Kasih Insan Timur Amanah Kota Depok, Sabtu 10 April 2021. Uniknya, PKM kali ini mengusung tema pemberdayaan tanaman sebagai upaya mewujudkan kemandirian pangan. Para mahasiswa yang didampingi oleh sejumlah dosen ini mengajarkan para pengurus Yayasan untuk menggunakan teknologi hidroponik.

Selain itu, sejumlah mahasiswa juga nampak memberikan materi terkait dengan penggunaan metode akuntansi dalam mencatat perkembangan tanaman. Kedepannya, apabila tanaman dengan teknologi hidroponik ini berkembang, maka tidak menutup kemungkinan dapat menjadi komoditas yang menghasilkan nilai ekonomi tinggi.

“Jadi kalau di Brazil, lebih dari setengah penduduknya itu bercocok tanam juga di rumah. Jangan salah, ternyata cocok tanam di rumah juga bisa mendatangkan penghasilan yang cukup lumayan,”kata Dosen Pembina, Danang CU, M.Ak.

Pria berkacamata yang cukup populer di kalangan mahasiswi ini melanjutkan, dirinya secara pribadi sangat bangga kepada mahasiswa D3 Akuntansi yang memiliki keinginan tinggi untuk bersumbangsih kepada masyarakat. Terlebih, mahasiswanya itu berhasil menerapkan metode akuntansi untuk mencatat perkembangan tanaman. Hal ini merupakan inovasi tersendiri yang tentu saja harus dilestarikan.

“Jadi, maksudnya penggunaan metode akuntansi itu, kita hitung berapa biaya bahan baku tanaman. Kemudian, nanti kita hitung juga berapa banyak tanaman yang dapat dihasilkan. Itu nanti dijadikan persediaaan yang apabila jumlahnya cukup banyak, bisa dijual dengan harga yang bersaing,”bebernya.(*)