Mahasiswa Didorong Jadi Pemimpin

webinar kemahasiswaan

D3 Akuntansi – Ratusan mahasiswa Universitas Pamulang mengikuti seminar kepemimpinan mahasiswa yang diselenggarakan oleh Program Studi D3 Akuntansi, belum lama ini. Seminar yang terselenggara melalui google meet ini menghadirkan 2 narasumber yakni Warek 3 Unpam, Dr. M Wildan, M.A dan Kaprodi D3 Akuntansi sekaligus Ketua LSP Unpam, Dr. Iin Rosini, S.E., M.Si.

Menurut Wildan, setiap orang ada pemimpin. Namun perlu proses untuk mewujudkan kepemimpinan yang baik. Dalam hal ini, sebelum memimpin orang lain, seorang pemimpin harus sukses memimpin diri sendiri dan lingkungan keluarganya terlebih dahulu.

“Pemimpin juga harus bisa memotivasi orang lain. Harus bijak dan memiliki sopan santun,”tegasnya.

Sementara, menurut Iin, setiap mahasiswa harus memiliki keterampilan memimpin, yaitu suatu obsesi  dan tujuan untuk masa depan. Sehingga, harus mampu mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut dengan membangun kerjasama, sinergitas, dan mewujudkan produktivitas.

“Saya berharap, generasi penerus khususnya mahasiswa Unpam dapat memimpin dan membawa kemajuan bagi Indonesia,”ujarnya.

Iin melanjutkan bahwa berdasarkan kajian dari beragam hasil penelitian, atasan itu harus memiliki hubungan yang sehat dengan bawahannya. Contohnya kepemimpinan Nabi Muhammad yang lebih mengedepankan suri tauladan dan akhlak. Pemimpin yang baik adalah yang paling memiliki penguasaan diri untuk dipimpin atau terlebih dahulu mau dipimpin.(*)