Dosen D3 Akuntansi Bantu Koperasi Susun Laporan Keuangan

pkm bu nes

D3 Akuntansi – Dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang memberikan pembimbingan dalam penyusunan laporan keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) di koperasi karyawan PT AJS Amanah Gita, belum lama ini. Pembimbingan ini dilakukan dalam bingkai acara pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian secara virtual ini diikuti oleh sebanyak 7 pengurus yayasan dan perwakilan PT AJS.

Ketua Pengabdi, Euis Nessia Fitri, M.Pd, M.Ak mengatakan, kebanyakan koperasi merupakan UMKM. Dalam rangka pengembangan usahanya, entitas koperasi diharapkan untuk dapat menyusun laporan keuangannya sesuai dengan standar. Dengan menggunakan pencatatan akuntansi yang baik dan benar, pengurus dan dewan pengawas koperasi cenderung dapat menentukan kebijakan pengembangan koperasi dengan lebih akurat berdasarkan informasi laporan keuangan yang dihasilkan.

“Akuntansi itu posisinya sangat penting bagi suatu usaha maupun koperasi. Bila diperlukan, kami memohon kepada koperasi AJS agar bisa mengizinkan magang mahasiswa kami untuk melakukan pencatatan akuntansinya,”tutur Nessia.

Dalam acara ini, terungkap bahwa koperasi AJS belum memiliki SDM berpengalaman dan kecakapan dalam bidang akuntansi. Belum juga ada sosialisasi dari pihak manapun tentang standar akuntansi untuk koperasi serta bagaimana pelaporan keuangan keuangan koperasi yang baik dan benar. Di samping itu, koperasi juga belum melakukan pengarsipan data atau bukti keuangan. Bukti-bukti transaksi yang seharusnya diarsip secara rapi dan tersusun berdasarkan nomor serta diarsip maksimal 10 (sepuluh) tahun.

Sekedar informasi, narasumber kegiatan pengabdian ini yakni Budi Setyawan, S.E., Ak. M.Ak. CA, Linawati, SE.,Ak.,M.Ak.CA.,BKP, dan Lukman Anthoni, S.Kom., M.M yang ketiganya merupakan dosen D3 Akuntansi Unpam.(*)