D3 Akuntansi Jadi Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan

WhatsApp Image 2021-08-05 at 17.35.22

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang menjadi salah satu program studi yang terpilih oleh Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pendamping program SMK pusat keunggulan. Terdapat 3 SMK yang didampingi yaitu SMK Bismillah Serang dan SMKN 2 Tangerang Selatan. Acara peresmian dimulainya pendampingan program ini dilakukan secara online bersama Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Jajaran Rektorat Unpam, dan para Kepala SMK yang akan didampingi.

Dalam acara peresmian tersebut, Kaprodi D3 Akuntansi Unpam, Dr. Iin Rosini, S.E., M.Si mengatakan, program SMK pusat keunggulan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Ditjen Dikti dalam mempersiapkan kompetensi siswa SMK. Selain itu, program ini juga menjadi bagian dari upaya link and match antara pendidikan vokasi dengan dunia kerja dan industri (DUDI).

“Teknis pelaksanaan program ini nanti kita akan dampingi SMK untuk mengajukan kegiatan maupun program tertentu sebagai pusat keunggulan SMK tersebut. Posisi kami sebagai pendamping adalah mengarahkan dan membantu SMK untuk mencapai keunggulannya,”ucap Kaprodi D3 Akuntansi Iin Rosini.

Menurut Iin, pada intinya terdapat 3 tujuan utama adanya pendampingan ini, pertama untuk melaksanakan kegiatan program SMK Pusat keunggulan sesuai dengan Kepmendikbud nomor 17/M/2021. Kedua, untuk menganalis kekuatan, kelemahan, serta mengembangkan potensi di SMK baik itu yang berupa SDM maupun sumber daya lainnya. Ketiga, untuk membantu SMK dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan program SMK Pusat Keunggulan.

“Sampai saat ini, SMK yang sudah fixed akan kita dampingi ada 2 yaitu SMK 2 dengan sektor prioritas teknik permesinan serta SMK Bismillah dengan sektor prioritas otomatisasi dan tata kelola perkantoran,”imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unpam, Dr. Nurzaman, M.M, M.Si mengatakan, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan prodi D3 Akuntansi dalam program pendampingan SMK ini. Menurutnya, mendukung link and match antara dunia pendidikan dengan DUDI merupakan salah satu tanggungjawab perguruan tinggi. Atas dasar itu, pihaknya meminta kepada tim prodi D3 Akuntansi untuk bekerja semaksimal mungkin dalam menyukseskan pendampingan ini agar keunggulan SMK yang dicita-citakan dapat tercapai.(*)