D3 Akuntansi Dirikan Rumah Konseling Mahasiswa

WhatsApp Image 2020-07-18 at 12.46.02

D3 Akuntansi – Dalam rangka menampung aspirasi, keluhan, bahkan beragam permasalahan yang dihadapi mahasiswa, Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) mendirikan Rumah Konseling D’Aksi. Setiap mahasiswa D3 Akuntansi yang ingin konsultasi, akan dilayani oleh 6 orang konselor handal yang juga merupakan dosen-dosen D3 Akuntansi.

Ide pendirian rumah konseling ini berawal dari perlunya menampung dan memfasilitasi beragam persoalan yang dihadapi mahasiswa. Mulai dari persoalan dalam perkuliahan atau kesulitan belajar, sampai dengan persoalan kehidupan mereka yang lainnya. Fungsi utama rumah konseling ini mirip seperti kumpulan guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah-sekolah. Perbedaannya, metode konseling yang digunakan tentu berbeda dengan di sekolah.

“Kita metode konselingnya dibangun dengan prinsip kesetaraan, saling menghargai, dan menjaga privasi. Kita yakin, setiap orang punya persoalan yang ingin diluapkan serta diccarikan solusinya. Utamanya mahasiswa kita, jangan sampai ada yang keluar di tengah jalan karena tidak sanggup menghadapi persoalan yang dihadapinya,”tutur insiator pendirian Rumah Konseling D’Aksi, Indah Pertiwi, M.Pd.

Menurut Indah, tidak sedikit mahasiswa D3 Akuntansi Unpam khususnya yang sudah bekerja harus di-PHK karena adanya pandemi virus Corona. Alhasil, mereka kesulitan dari segi biaya dan kehilangan kepercayaan dirinya untuk melanjutkan kuliah. Persoalan seperti ini sebenarnya dapat ditangani mahasiswa tersebut apabila mereka memiliki motivasi dan semangat tambahan dari para konselor.

“Ada juga mahasiswa yang mendapatkan masalah pada perkuliahannya. Permasalahan belajar seperti ini juga akan coba dicarikan solusinya oleh para konselor melalui bimbingan dan konseling yang persuasif kepada mahasiswa. Sebab, apabila motivasi mahasiswanya dapat ditingkatkan, maka kita yakin mereka akan mampu mengikuti perkuliahan dengan baik. Bagi mahasiswa mau konseling, bisa menghubungi konselornya masing-masing yang nomornya sudah tertera dalam famplet.”bebernya.

Sementara itu, Kaprodi D3 Akuntansi, Dr. Iin Rosini, S.E., M.Si menuturkan, rumah konseling ini sangat penting bagi mahasiswa. Dirinya menyambut baik keberadaan rumah konseling karena mahasiswa juga butuh bimbingan, arahan, serta beragam masukan untuk menghadapi persoalan kehidupannya.(*)