Agar Makin Kompeten, Dosen D3 Akuntansi Unpam Ikuti Pelatihan Public Speaking

Dosen D3 Akuntansi Berfoto Bersama Rektor Selepas Acara Pelatihan Public Speaking
Dosen D3 Akuntansi Berfoto Bersama Rektor Selepas Acara Pelatihan Public Speaking

Dosen D3 Akuntansi Berfoto Bersama Rektor Selepas Acara Pelatihan Public Speaking

Akuntansi D3 – Agar lebih kompeten menyampaikan materi dalam proses perkuliahan, puluhan dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) dilatih Public Speaking, belum lama ini. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Program Studi D3 Akuntansi ini diisi oleh Hj Eti Muhammad, M.Pd sebagai narasumber. Beliau adalah salah seorang akademisi yang kompeten di bidangnya.

Nampak hadir dalam acara pembukaan, Rektor Unpam, Dr. Dayat Hidayat, M.Si beserta para wakil Rektor dan Dekan Fakultas Ekonomi. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa dosen Unpam harus mahir berbicara di depan umum. Hal ini merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh setiap dosen.

“Dapat berbicara, berkomunikasi, dan menyampaikan materi dengan baik adalah kewajiban setiap dosen. Bagaimana kita dapat membuat mahasiswa kita paham, kalau mengisi kuliah saja gemetaran. Jadi harus percaya diri, menguasai materi, dan mampu menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dimengeri mahassiswa,”ujarnya.

Rektor melanjutkan, tidak semua orang dilahirkan dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Ada orang yang pintar sekali secara teori, tapi kurang baik dalam menyampaikannya secara verbal. Ada juga yang mampu berbicara dan beretorika dengan baik, tapi kurang begitu mengerti materi. Oleh karena itu, diperlukan keseimbangan antar keduanya.

“Jadi harus pintar secara teori atau menguasai materi, sekaligus pintar juga menyampaikannya kepada mahasiswa. Saya yakin, dosen Akuntansi D3 bisa seperti itu, apalagi setelah mengikuti pelatihan ini,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Prodi D3 Akuntansi, Iin Rosini, SE, M.Si menjelaskan, pelatihan public speaking ini merupakan salah satu rangkaian dalam pelatihan kompetensi dosen yang diselenggarakan rutin setiap tahun. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kompetensi dosen agar dapat mewujudkan kualitas pendidikan di lingkungan Akuntansi D3 Unpam ke arah yang lebih baik lagi.

“Dosen itu kalau di kelas posisinya bisa sebagai da’i, artis, bahkan pelawak. Semua mata mahasiswa tertuju pada dosen. Ini artinya, dosen adalah pusat perhatian yang secara langsung dapat dinilai oleh mahasiswa. Oleh karenanya, dosen harus bisa menyampaikan proses perkuliahan dengan baik dan inovatif,”ucapnya.(*)