PKM D3 Akuntansi, Ratusan Siswa SMK Letris Ikuti Pelatihan Kompetensi

Sejumlah Dosen D3 Akuntansi dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

pkm_letD3 Akuntansi – Salah satu kewajiban dosen yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian masyarakat. Dalam mengimplementasikan kewajiban tersebut, sebanyak 8 dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang menelenggarakan pelatihan kompetensi siswa SMK Letris Indonesia 2 jurusan Akuntansi dan Perbankan Syariah, Senin (17/04/2017).

Setiba di SMK Letris, para dosen yang saat itu dibantu oleh sejumlah mahasiswa pengurus Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Akuntansi tersebut langsung disambut hangat pihak sekolah. Dalam acara pembukaan, Ketua Panitia PKM, Dani Rahman Hakim, M.Pd menyebutkan, PKM kali ini sengaja ditujukan kepada para siswa/siswi SMK Letris.

Sebab, lanjut Dani, D3 Akuntansi Unpam dengan SMK Letris sudah menjadi mitra kerja yang saling membutuhkan. Oleh karena itu, pihaknya merasa ikut bertanggungjawab atas kualitas para lulusan SMK Letris. Sehingga, dalam PKM ini, pihaknya ingin memberikan kompetensi tambahan kepada para siswa/siswi SMK Letris agar lebih siap memasuki dunia kerja.

“Adik-adik siswa di sini sudah memilih untuk masuk SMK yang notabene merupakan pendidikan formal berbasis keterampilan atau vocational education. Oleh karena itu, setelah lulus dari Letris, adik-adik harus siap mengahdapi persaingan di dunia kerja,”ucapnya.

Saat ini, sambung Dani, dunia kerja untuk kategori lulusan SMK sangatlah ketat persaingannya. Setiap siswa harus benar-benar menguasai bidang ilmunya masing-masing, jika ingin mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Jika tidak kompeten, maka akan kalah oleh siswa lain yang lebih siap kerja.

“Perusahaan-perusahaan sekarang itu memberlakukan seleksi yang ketat untuk calon tenaga kerjanya. Kebanyakan itu dites dulu, benar tidak dia terampil atau kompeten dalam bidangnya,”terangnya.

Lebih dalam, Dani memaparkan, dalam PKM ini terdapat 4 narasumber yang secara ringkas, padat, jelas, dan mudah dipahami, menyampaikan materi terkait kompetensi-kompetensi penting yang harus dimiliki siswa SMK jurusan Akuntansi dan Perbankan Syariah. Para narasumber ini, adalah juga merupakan dosen-dosen D3 Akuntansi antara lain, Imam Sofi’I, M.Ag, M.Pd, Lukman Anthony, M,Si, Martini, M.Ak, dan Ganefo Sudirman, M.Ak.

“Insya Allah, keempat narasumber kami sudah sangat tepat untuk memberikan pemahaman kepada para siswa,”jelasnya.

Di tempat yang sama, Euis Nessia, M.Pd yang mewakili Prodi D3 Akuntansi Unpam dalam sambutannya mengatakan, penempatan kerja seseorang besar ditentukan oleh tingkat pendidikannya. Lulusan SMK, memang sejatinya harus sudah siap turun di dunia kerja. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi lagi posisinya, sebaiknya lulusan SMK Akuntansi dan Perbankan Letris melanjutkan studinya ke jenjang perkuliahan.

“Kalau adik-adik merasa belum puas belajar, mari kami tunggu di D3 Akuntansi Unpam. Insya Allah kita akan belajar banyak tentang akuntansi sampai ke akar-akarnya,”ajaknya.

Sementara, Kepala SMK Letris Indonesia 2, Abdul Haris, S.Pd mengatakan, pihaknya menghaturkan banyak terimakasih kepada D3 Akuntansi Unpam yang telah mau menyempatkan diri untuk memberikan pelatihan tambahan kepada anak didiknya. Sebab, pihaknya mengakui memang apa yang diberikan dalam kurikulum SMK itu hanya dasar-dasarnya saja, tidak detail seperti di bangku perkuliahan.

“Anak-anaku, belajar itu harus sepanjang hayat. Jadi jangan berhenti sampai di sini. Harus melanjutkan ke bangku kuliah,”ucapnya.(*)