D3 Akuntansi Geliatkan Pembelajaran Berbasis Club

club akt

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) memiliki visi untuk menghasilkan ahli madya akuntansi melalui Community Student Learning Centre (CSLC). Salah satu konsep CSLC ini adalah pembelajaran berbasis club. Setiap mahasiswa, diminta untuk mengikuti berbagai club yang dikembangkan Prodi untuk mendalami kompetensi sesuai dengan minat dan bakatnya. Ada club akuntansi, perpajakan, auditing, komputer akuntansi, hingga bahasa asing.

Demikian hal ini terungkap dalam webinar D3 Akuntansi bersama ratusan mahasiswa dengan tema ‘Meningkatkan Pembelajaran Daring Berbasis Club Online’, belum lama ini. Dalam webinar tersebut, Kaprodi D3 Akuntansi, Dr. Iin Rosini, S.E., M.Si menjelaskan bahwa selain elearing melalui LMS (learning management system), dosen juga perlu bertatap muka secara online dengan mahasiswa. Tujuannya agar mahasiswa tidak merasa asing dengan dosennya, serta dosen dapat lebih mudah memberikan perkuliahan secara komprehensif.

“Selain itu, kita juga maksimalkan club. Meskipun diluar jadwal resmi perkuliahan, tetapi club ini tujuannya agar mahasiswa dapat mengembangkan kompetensinya dengan lebih baik,”ucapnya.

Menurut Iin, dalam club ini tugas dosen lebih kepada mendampingi dan membimbing. Mahasiswa perlu lebih aktif belajar, bersama temannya. Pertemuan dalam club ini perlu diperbanyak agar pembahasannya makin mendalam.(*)