Tegang, Puluhan Mahasiswa D3 Akuntansi Disidang

img20190725144826

D3 Akuntansi – Suasana tegang rupaya bukan hanya terjadi dalam persidangan di pengadilan. Dalam sidang tugas akhir mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) pun demikian. Sidang yang digelar hingga Sabtu 27 Juli 2019 di Kampus Unpam Viktor tersebut menunjukan ekspresi mahasiswa yang beragam. Ada yang nampak tersenyum puas karena berhasil tampil maksimal, namun ada pula yang terisak berharap tetap diluluskan.

Setiap mahasiswa diberikan waktu sekitar 10 menit untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Selanjutnya, mereka dituntut untuk mempertanggungjawabkan penelitiannya dengan cara menjawab setiap pertanyaan yang diajukan penguji. Dalam konteks ini, mahasiswa dididik untuk dapat ilmiah dalam berargumentasi berdasarkan bidang keilmuannya.

Setelah menghadapi gencaran pertanyaan dari para dosen penguji, tibalah waktunya pengumuman hasil kelulusan. Mayoritas mahasiswa meluapkan kegembiraan karena dinyatakan lulus. Namun sayang, ada sebagian mahasiswa yang harus menunda kelegaannya karena kelulusannya ditangguhkan.

“Ujian kehidupan di masyarakat jauh lebih berat dari sekedar ujian Tugas Akhir ini. Saya berharap, yang dinyatakan lulus dapat terus mengembangkan diri, menjaga nama baik Unpam. Tunjukan bahwa anda adalah orang-orang yang berkualitas,”ucap Ketua Program Studi D3 Akuntansi, Iin Rosini, S.E., M.Si., CSRS., CADE, CPA, CFRM.

Iin berharap, hasil penelitian Tugas Akhir mahasiswa dapat bermanfaat bagi kehidupan sosial. Selain itu, juga bermanfaat untuk menambah wawasan keilmuan dalam bidang akuntansi. Penelitian hanya akan menjadi hiasan dinding apabila tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakan agar hasil penelitian Tugas Akhir mahasiswa ini dapat dipublikasikan.(*)