D3 Akuntansi Seminarkan Sustainable Development Goals (SDGs)

D3 Akuntansi – Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) menghelat seminar dengan tema “Peran Akuntansi dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)” belum lama ini. Seminar yang diikuti oleh ratusan mahasiswa D3 Akuntansi ini menghadirkan Juniati Gunawan, SE, M.Si, PHd dan Sahat Panggabean sebagai narasumber.

Kaprodi D3 Akuntansi Unpam, Iin Rosini, SE, M.Si, CSRS., CADE mengatakan, seminar ini merupakan upaya memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai isu lingkungan yang sedang menjadi concern semua pihak. Oleh karena itu, para mahasiswa akuntansi juga perlu mengenal bahwa ternyata profesinya sebagai akuntan kelak itu dapat mendukung pelestarian lingkungan melalui kebijakan perusahaan berbasis sustainable development goals (SDGs).

“Para mahasiswa harus peka terhadap isu-isu yang berkembang seputar profesi bidang akuntansi. Salah satunya adalah SDGs ini,”ucapnya.

Sementara, Juniawati sebagai narasumber mengatakan, SDGs dapat diwujudkan melalui kesadaran dari setiap elemen organisasi dalam perusahaan. Baik itu dari segi penganggaran, maupun kebijakan CSR nya. Dengan demikian, perusahaan tidak melulu mencari profit yang besar, tetapi juga diharapkan dapat concern terhadap lingkungan.

“Jika perusahaan hanya berupaya mencari profit sebesar-besarnya tanpa menjaga lingkungan, maka perlahan lingkungan akan rusak dan justru tidak dapat lagi menyediakan sumber daya yang baik bagi kelangsungan hidup perusahaan,”ucapnya.(*)