D3 Akuntansi Membentuk Komunitas Mahasiswa Kreatif

img_0977

D3 Akuntansi – Dalam rangka menyalurkan minat dan bakat mahasiswanya, Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) membentuk Komunitas Mahasiswa Kreatif (KMK). Komunitas ini terdiri dari 3 bidang, yaitu Komunitas Olahraga, Komunitas Penulis Mahasiswa, dan Komunitas Seni. Pembentukan Komunitas dilakukan secara resmi melalui pembacaan surat tugas dari Ketua Program Studi kepada masing-masing koordinator komunitas.

Dosen Pengembang Prodi D3 Akuntansi Bidang Kemahasiswaan, Dani Rahman Hakim mengatakan, selain untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, tujuan dibentuknya komunitas ini juga adalah untuk meningkatkan prestasi non akademik mahasiswa. Selama ini, pembinaan kemahasiswaan yang dilakukan kebanyakan hanya bersifat akademik. Padahal, aspek non akademik seperti seni dan olahraga juga sangat penting.

“Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi kurang lebih ada sebanyak 1.200 mahasiswa. Dari jumlah ini, saya yakin banyak yang memiliki potensi. Terbukti, saat saya beserta tim prodi melakukan pendataan prestasi non akademik mahasiswa, ternyata banyak diantara mahasiswa kita yang pernah menjuarai kompetisi-kompetisi tingkat regional bahkan nasional,”bebernya.

Oleh karena itu kata Dani, apabila potensi-potensi mahasiswa ini dihimpun dan diarahkan dalam komunitas, maka prestasi gemilang dapat diraih. Di samping itu, melalui komunitas ini, pihaknya berharap soft skill mahasiswa dapat ditingkatkan. Hal ini penting, karena soft skill juga merupakan aspek penting yang dapat menjadi modal besar bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.

“Setelah pembentukan, komunitas mahasiswa ini akan segera kita susun struktur serta tata tertib organisasinya. Kegiatan-kegiatan komunitas juga akan dirutinkan, minimal seminggu sekali harus ada kegiatan,”ucap dosen berkacamata ini menegaskan.

Di tempat yang sama, Kaprodi D3 Akuntansi, Iin Rosini, SE, M.Si, CSRS mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh kegiatan komunitas. Terutama kegiatan yang berkaitan dengan keikutsertaannya dalam lomba ataupun kompetisi-kompetisi di luar kampus.

“Kalau ada kompetisi atau lomba di luar kampus, komunitas ini bersama HIMA harus bisa memfasilitasinya. Terkait pembiayaan, biar Prodi yang tanggung,”tegasnya.(*)